Si Beruang Hitam ^_^



Menurut anda, ada berapa macam warna beruang di dunia? Ada berapa jenis beruang yang mempunyai bulu warna hitam, coklat, dan putih? Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis beruang hitam karena menurut saya beruang hitam atau beruang berbulu hitam termasuk spesies beruang yang banyak dijumpai di negara kita, negara Indonesia tercinta.
Nah, beruang hitam, tak hanya bisa dijumpai di Indonesia saja, tetapi hampir di seluruh negara dunia seperti Amerika, Florida, Taiwan, Jepang dan masih banyak lagi. Di Amerika sendiri, beruang hitam yang mempunyai nama ilmiah Ursus Americanus merupakan jenis beruang yang paling umum di Amerika sebelah utara. Beruang lucu yang termasuk pemakan daging dan tumbuhan tersebut hidup di daerah hutan. Tahukah anda beruang ini biasanya melakukan hibernasi selama musim dingin. Cukup lama memang dengan detak jantung yang dapat berhenti selama dua puluh detik. Suhu tubuh si beruang hitam pun menurun menjadi 31 derajat celcius.
Selain di Amerika, di Florida juga terdapat beruang hitam atau yang bernama ilmiah Ursus americanus floridanus. Beruang hitam ini merupakan subspesies dari beruang hitam Amerika. Sama seperti beruang hitam Amerika, habitat mereka ada di daerah hutan. Mirisnya, beruang ini masuk ke dalam daftar spesies yang terancam. Beruang yang berbulu hitam lebat ini biasanya hidup menyendiri kecuali bila dalam pasangan atau kelompok selama musim kawin. Sekarang, sebagian besar beruang ini tinggal di kawasan yang dilindungi.  
Tak hanya di negara barat saja yang banyak memiliki beruang hitam, tetapi juga di Asia. Beruang hitam di Asia banyak terdapat di Formosa, Jepang, Cina dan sekitarnya. Beruang hitam formosa atau yang bernama latin Ursus thibetanus formosanus merupakan hewan endemik di Taiwan yang telah mengalami penurunan populasi karena degradasi dan eksploitasi parah.
Mungkin anda sedikit bingung dengan perbedaan beberapa beruang hitam yang ada di Asia karena bentuk dan warna bulu yang hampir sama. Jika anda tahu, beruang hitam formosa tidak mempunyai bulu leher yang tebal seperti subspesies lainnya. Sedangkan di Jepang, beruang hitam yang bernama latin Ursus thibetanus japonicus sendiri memiliki moncong coklat kegelapan. Di Himalaya, beruang hitam yang bernama latin Ursus thibetanus laniger justru memiliki bulu yang lebih tebal dengan tanda putih di dada yang lebih kecil. Beruang ini mirip dengan beruang hitam Indocina.  
Nah sekarang yang terakhir adalah beruang hitam milik Indonesia tulen. Apalagi kalau bukan beruang madu. Beruang ini temasuk famili ursidae yang merupakan jenis terkecil dari semua jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu ini hidup di hutan primer, sekunder dan tak jarang di lahan pertanian. Binatang berbulu hitam dengan moncong yang berwarna kecoklatan ini banyak terdapat di pulau Sumatra dan Kalimantan. Bahkan, beruang hitam ini merupakan fauna khas provinsi Bengkulu  yang juga dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut.
Sekarang, sudah pada tahu kan macam-macam dan jenis beruang hitam yang ada di berbagai negara? Kalian suka beruang hitam yang mana? Yang di Asia yang tak pernah melakukan hibernasi atau beruang yang tinggal di negara barat yang justru melakukan hibernasi saat musim dingin?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

I'm proud of my students ^_^

Are You Still on Fire?!?