LAPORAN PPL ENGLISH FOR CHILDREN DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DI NITIKAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
LAPORAN PPL ENGLISH FOR CHILDREN
DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DI NITIKAN
YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012
Disusun Oleh :
1. Prima Dwi Arimbi 08004058
2. Rivena Nidya Windasari 08004059
3. Dewi Aminah 08004198
4. Susi Zarmanely 08004260
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2012
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PPL EFC
DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DI NITIKAN
YOGYAKARTA
Yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa mahasiswa:
1. Prima Dwi Arimbi 08004058
2. Rivena Nidya Windasari 08004059
3. Dewi Aminah 08004198
4. Susi Zarmanely 08004260
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta telah melaksanakan Program Pengalaman Lapangan English for Children (PPL EFC) di SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan dan telah disahkan pada:
hari : Jum’at
tanggal : 11 Mei 2012
di : Yogyakarta
Mengetahui :
Dosen Pembimbing Lapangan Kepala Sekolah
Rifky Dora Wijayati, S.Pd. H.Saijan,
NIY : 60110625 NBM : 788098
Kepala PPPK
M. Joko Susilo, M.Pd.
NIY : 60030460
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, karunia serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas dalam melaksanakan Program Pengalaman Lapangan English for children (PPL EFC) di SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan, yang berlangsung mulai tanggal 9 Maret 2012 sampai dengan tanggal 26 Mei 2012 dengan lancar.
Laporan Program Pengalaman Lapangan ini merupakan tugas akhir dari pelaksanaan PPL EFC bagi para mahasiswa semester VIII. Kegiatan PPL EFC ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa inggris di lingkungan Sekolah Dasar dan untuk mempersiapkan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (PBI UAD) dalam mengaplikasikan ilmu pengajaran khususnya pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, sedangkan laporan ini mempunyai maksud dan tujuan untuk memberi gambaran tentang pelaksanaan PPL EFC di SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan. Kami menyadari bahwa kelancaran pelaksanaan PPL EFC ini berkat bimbingan, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih kepada:
1. Drs. Kasiyarno, M.Hum selaku Rektor UAD Yogyakarta.
2. Muhammad Joko Susilo,S.Pd., M.Pd selaku ketua Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (PPPK).
3. Rifky Dora Wijayati, S.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah mengarahkan kami dalam melaksanakan kegiatan PPL EFC ini.
4. H.Saijan,S.Ag selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan yang telah memberi ijin kepada kami dalam melaksanakan PPL.
5. Dedie Adhyaksa,S.Pd. selaku koordinator PPL EFC di SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan.
6. Guru pembimbing di sekolah, Beta Pusdikawati, S.Pd. dan Imas Masitoh, S.Pd. yang telah membimbing kami sehingga dapat melaksanakan praktek mengajar dengan lancar.
7. Seluruh staf dan karyawan SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan yang telah membantu memperlancar terlaksananya program ini.
8. Mahasiswa PPL EFC Universitas Ahmad Dahlan atas kerjasama dan kekompakannya dalam menjalankan program sehingga terjalin hubungan yang sinergis.
9. Semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya laporan ini.
Banyak hal tentunya yang dapat kami ambil dari pelaksanaan PPL EFC ini, diantaranya hubungan silaturahim yang dapat terjalin dengan baik kepada seluruh civitas SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan. Harapan kami, dengan adanya PPL EFC ini hubungan silaturahim antara Universitas Ahmad Dahlan dengan SD Muhammadiyah Sapen dapat terjalin lebih erat serta adanya kerjasama yang saling menguntungkan untuk pihak Universitas Ahmad Dahlan maupun SD Muhammadiyah Sapen.
Akhirnya kami menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan PPL EFC dan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnan penyusunan laporan ini.besar harapan kami, laporan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukannya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Yogyakarta, Mei 2012
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul……………………………………………………………… iHalaman Pengesahan……………………………………………………….. ii
Kata Pengantar……………………………………………………………… iii
Daftar Isi…………………….………………………………………............ v
BAB I PENDAHULUAN…………..…………………………………........ 1
A. Profil Sekolah……..…………………………………………………… 1
B. Keberadaan dan Fungsi Bahasa Inggris di Sekolah……….…………… 9
BAB II PELAKSANAAN………………………………………………… 10
A. Persiapan Sebelum Mengajar………………………………………….. 10
B. Praktik Mengajar………………………………………………………. 10
C. Deskripsi Kegiatan Pengembangan Media…………………………….. 11
D. Analisis Hasil Pelaksanaan…………………………………………….. 11
BAB III PENUTUP………………………………………………………… 15
A. Kesimpulan……………………………………………………………… 15
B. Saran…………………………………………………………………….. 15
Daftar Pustaka…………………………………………………………......... 17
Lampiran
DAFTAR PUSTAKA
SD Muhammadiyah Sapen.http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/. Diunduh 28 April 2012
Slideshare. http://www.slideshare.net/darono/media-pembelajaran-2665054. Diunduh 3 mei 2012.
Subhan, Bustami. 2003. Children Language Acquisition and English Language Teaching. Yogyakarta: LPPDMF.
Utari, Endriana S., dkk. 2007. “Laporan Praktikum II di SD Muhammadiyah Sapen Nitikan Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007”. Yogyakarta : UAD (tidak diterbitkan).
Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran. Diunduh 3 Mei 2012
lahh isinya mna nihh ?? hehe kosong
ReplyDeleteq jg mahasiswa uad nehh, adik kelasmu kkak
Hemmm udah aku hapus semua isinya,,,
DeleteNtar kalo g aku hapus pada copy paste n g pada usaha,,,
Makanya aku kasih pengantar, daftar isi sm daftar pustakanya aja
hehe...
kq gk ada isi nya, , ,
ReplyDeletetlong donk kirim ke aq, bwat referensi, bkan mw copas kq...
:D
Haduh,,, maaf,, aku ganti netbook,, jadi semua file2 ada di netbook yang lama,,
ReplyDeletekalo mau, bisa liat hard copynya aja di sekolah hehe,,, ada dua kok,, yang satu di pusat deket UIN, yang satu di Nitikan..