Fenomena Anak Muda Jaman Sekarang



Anak muda atau yang sering disebut remaja merupakan masa transisi menuju kedewasaan. Seharusnya, dimasa transisi tersebut, seorang remaja berusaha mencari jati diri untuk masa depan. Tak hanya masa depan dirinya sendiri, tetapi juga masa depan bangsa. Dengan demikian, kelak, seseorang tersebut dapat menjadi pribadi yang baik dan dapat menjadi panutan umat dan bangsa.
            Lalu, bagaimana jadinya jika remaja jaman sekarang yang terkenal ababil atau anak baru labil lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain, berhura-hura dan mengisi waktu dengan hal-hal yang kurang penting dan sama sekali kurang bermanfaat? Apa jadinya bangsa kita ini ketika penerus bangsa banyak yang acuh terhadap kemajuan kualitas dirinya bahkan kualitas bangsanya?

            Miris rasanya melihat anak muda sekarang lebih sering kongkow-kongkow diluar, di kafe dan ditempat-tempat umum dengan berbagai macam gaya dan tingkah laku. Hal ini saya lihat ketika saya dan keluarga saya selesai bersilaturahim ke tempat saudara di luar kota. Karena perjalanan jauh dan jalanan macet, jadi perpulangan kamipun molor hingga malam tiba. Saat itu, masih bulan ramadhan, seharusnya para remaja dan semua muslim berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan shalat isya dan tarawih. Tetapi kenyataannya, masih banyak remaja yang kongkow-kongkow di jalan sambil menyalakan kembang api dan memadati kafe-kafe,,
            Mereka lebih memilih mendengarkan musik-musik dan berkumpul dengan teman mereka baik itu laki-laki atau perempuan ketimbang belajar atau bahkan sholat di masjid yang jelas-jelas dekat dengan kafe. Suara alunan surat-surat Al Qur’an yang dikumandangkan sang imam pun dapat terdengar jelas di beberapa kafe.
            Tak hanya itu, ada beberapa remaja juga berkelompok dan saling menyalakan kembang api dan saling melempar petasan. Jika di masa remaja saja mereka sudah saling melempar petasan, bagaimana jika mereka sudah dewasa? Ohhh mungkin mereka berlatih berjihad ke palestina kali ya,,, batinku.
Memang tidak semua anak remaja sekarang seperti itu, semoga semua itu hanya sebagian kecil dari potret kehidupan remaja ababil jaman canggih ini. Masih ada banyak anak bangsa yang bangga mengharumkan nama bangsa ini. Seperti yang dapat kita lihat di beberapa kompetisi dunia seperti sepak bola kategori U-14, lomba qori terbaik, dan kejuaraan lain yang tak hanya membanggakan dirinya sendiri, tetapi juga membanggakan kita, bangsa, negara dan dunia.
            Kelak, kita juga akan mempunyai generasi-generasi penerus bangasa. Sebagai calon orang tua, sebaiknya kita didik anak kita kelak dengan hal-hal yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Berikan asupan kasih  sayang dan selipkan karakter baik untuk masa depan mereka. Agar mereka kelak menjadi pemimpin yang bijak untuk bangsa dan keluarga mereka dalam mengejawantahkan amanah yang baik.   

Senin, 5 Agustus 2013
06:51 WIB

Comments

Popular posts from this blog

I'm proud of my students ^_^

Are You Still on Fire?!?