Tahun Politik Tahun Keramat

Tahun ini benar-benar menjadi momok bagi banyak orang, mulai dari golongan bawah hingga golongan atas. Kenapa? Pasalnya tahun ini menjadi tahun penentu masa depan negara Indonesia. Siapa yang pantas dan akan memimpin negara ini setelah pak Beye lengser? Program apa saja yang akan dijalankan untuk memperbaiki kondisi negara ini yang sudah mulai amburadul? Visi misi apa saja yang diusung untuk mendukung kemajuan negara tercinta ini?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada dua kandidat utama dalam pencalonan presiden tahun ini. Yang satu dari partai yang bergambar “Banteng” dan satu lagi dari partai yang bergambar “Burung Garuda”. Dalam melengkapi suasana politik di tahun ini, banyak sekali cara-cara yang dipakai untuk mengunggulkan salah satu kandidat dan mejatuhkan kandidat lain tak hanya melalui media masa, tetapi juga media sosial yang semakin gencar.

Cara seperti ini memang baru terjadi di Indonesia sesuai perkembangan jaman. Sebagian masyarakat mungkin tahu bahwa pengaruh media massa dan sosial media sangat signifikan. Maka dari itu tak heran jika banyak sekali informasi-informasi (entah palsu atau asli, entah benar atau hanya isu belaka) yang jika kita perhatikan ada sedikit profokasi di dalamnya. Hampir semua masyarakat juga dipusingkan dengan informasi-informasi tersebut.

Akibat banyaknya pengaruh media massa dan media sosial, masyarakat banyak yang saling menghujat ini itu dibanding menghargai satu sama lain. Segala isu-isu miring dikuak lebar-lebar tanpa ada celah sedikitpun yang menutup aib para kandidat. Tak jarang pula informasi palsu yang menjatuhkan ikut memenuhi dinding dan beranda sosial media, termasuk beranda sosial media yang saya miliki. Seperti biasa, saya hanya pura-pura tak peduli dan berdoa semoga pemimpin yang terpilih bisa amanah di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Ngomong-omong soal pemimpin, tahun ini juga menjadi tahun keramat bagi beberapa calon pasangan muda-mudi yang ingin mengarungi hidup bersama. Kenapa? Beberapa teman-teman saya sudah mulai mempersiapkan dan memberanikan diri untuk menjalani hidup baru dalam bahtera rumah tangga. Entah dengan saya (hehe..). Yang jelas tahun ini juga menjadi tahun penentu siapa yang akan memimpin saya di negara rumah tangga saya hehe #curcol.

Comments

Popular posts from this blog

I'm proud of my students ^_^

Are You Still on Fire?!?