Band Legendaris Tanpa Ahli Waris

umy.ac.idMasih ingatkah dengan band ska yang legendaris ini? Yups, siapa lagi kalau bukan Tipe-X dengan musik uniknya.  Band yang terbentuk pada tanggal 10 September 1995 dengan nama awal Head Master ini memiliki  8 personel. Di bagian vocal ada Tresno Riadi, yang memegang bass bernama Micky, yang memainkan gitar bernama Yoss dan Billy, sedangkan Arie Hardjo bermain drum, Anto memainkan trombone, Andi Toga meniup saksofon dan Egy meniup trompet.  
Dapat kita simpulkan dari beberapa musisi diatas bahwa grup yang akhirnya mengubah namanya menjadi Tipe-X dengan tujuan agar mudah diingat ini merupakan grup musik yang Kreatif dan diferensiatif. Bagaimana tidak? Ketika grup band lain hanya mempunyai personel tiga sampai lima dengan senjata andalan drum, gitar, bass, dan keyboard, grup band ini menambahkan beberapa alat musik tiup yang menambah keunikan dan ciri khas dari grup band ini walaupun sekarang personel grup band ini tinggal tersisa 6 orang.

iro.umy.ac.idSayangnya, tak ada grup band yang mengikuti jejak tipe-x dengan beberapa alat musik unik dan aliran ska yang sempat melambung di era 90-an. Padahal, konsep musik dan lagu yang ditawarkan cukup menarik, menggelitik dan enak didengar. Sampai saat ini, Tipe-X sudah mengantongi tujuh album dengan album terbaru yang berjudul SEVEN yang dirilis pada tahun 2012 yang lalu.

Mungkin untuk beberapa anak muda jaman sekarang sudah sangat asing mendengar aliran musik dan nama grup band ini. Tapi, percayalah, dengan mendengarkan lagu-lagu dari grup band yang unik ini, hati kita akan jauh dari galau karena konsep musik yang memang tidak mengandung unsur mellow. Malah, dengan mendengarkan musik ini, kita serasa diajak untuk menggerakkan kepala dan badan kita.

pramuka.umy.ac.idJadi, jika para kaula muda yang suka musik ingin membentuk grup band, kenapa tak coba membentuk grup band unik yang berbeda dari yang lainnya, seperti Tipe-X yang mengusung aliran musik ska dengan trombone, terompet, dan saksofon yang melengkapi alunan musik dari lagu-lagu yang dibawakan Tipe-X sendiri? Semakin kreatif kita, semakin kaya pula karya yang dicipta. Semakin deferensiatif karya kita, semakin unik pula dirasa.  


Comments

Popular posts from this blog

I'm proud of my students ^_^

Are You Still on Fire?!?