Tips Mempercantik Diri



Siapa sih perempuan yang tak ingin terlihat cantik? Pasti semua makhluk yang namanya perempuan ingin selalu tampil cantik, walaupun kecantikannya itu bukan untuk dipamerkan kepada para akhi-akhi di luar sana. Sejatinya, semua perempuan itu dikaruniai rasa ingin selalu diperhatikan, dan ingin selalu tampil sempurna, apalagi untuk kekasih sejatinya yang sudah halal. Nah, untuk mempercantik diri bagi seorang muslimah itu tidaklah rempong alias ribet, ruwet, njlimet, and bikin mumet. ^_^

Untuk yang pertama dan paling utama adalah percantik hati. Hati itu cerminan dari diri kita. Barang siapa yang cantik hatinya, maka kecantikannya akan terpancar lewat wajahnya. Sudahkah saya merasa cantik hatinya? Itulah pertanyaan besar yang harus kita tanyakan pada diri kita setiap hari agar kita terhindar dari hal-hal yang mengotori hati. Hati kotor, wajah juga terlihat kotor lho. Hehe.. Ayo, segala macam dendam, iri, dengki, dan lain sebagainya, mari disisihkan sedikit-sedikit biar hilang .


Jika hati saja sudah bisa cantik, pasti akhlak dan agama juga ikut cantik. Banyak laki-laki tertarik dengan perempuan karena sifatnya yang sholehah, lemah lembut, murah senyum, saling menyayangi, dan lainnya. Nah, makanya dengan hati yang bersih dan cantik, akan mendukung perbuatan dan tindak-tanduk kita untuk menjadi pribadi yang baik. Ayo, yang sering ngumpul-ngumpul buat nggosip dikurangi, karena banyak laki-laki yang kurang tertarik dengan perempuan yang suka menggosip.

Lalu, bagaimana langkah untuk mempercantik hati sebagai hal utama dalam mempercantik diri? Jawabannya gampang-gampang susah ^_^. Cukup menghindari penyakit hati, yaitu iri, dengki, hasad, sombong, dan nafsu yang tinggi. Terkadang kita sebagai manusia lalai dalam mengontrol dan menjaga hati. Ketika ada teman kita yang sedang berbahagia, terkadang kita iri. Ketika kita mempunyai sesuatu yang baru, terkadang kita sombong. Ketika kita didzalimi seseorang, kita malah membalas mendzoliminya. Ya, seperti itulah kehidupan. Apalagi manusia yang dibekali nafsu.

Untuk mengontrol diri kita agar terhindar dari iri, dengki, sombong dan lainnya, usahakan untuk mengkonsumsi obat hati. Apa saja? (Sambil nyanyi) obat hati, ada lima perkaranya: yang pertama baca Qur’an dan maknanya. Yang kedua sholat malam dirikanlah, yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh. Yang keempat perbanyaklah berpuasa, yang  kelima dzikir malam perpanjanglah. ^_^

Nah, setelah kita berhasil mempercantik hati kita, maka selanjutnya adalah mempercantik sekitar kita. Apa itu? Percantik semua barang-barang yang menempel dalam diri kita, yang dekat dengan kita. Bisa pakaian, kamar, rumah, dan sebagainya. Kenapa? Karena, jika pakaian kita kotor, jilbab kita kotor, itu akan menimbulkan banyak penyakit. Dan pasti, tidak enak dipandang jika kita memakai pakaian kotor. Betul, betul, betul? Jilbab yang kotor dan jarang dicuci akan menimbulkan jerawat di wajah kita. Jangan salahkan kulit kita yang sensitif, atau gara-gara makan kacang, kita jadi berjerawat. Siapa tahu jerawat itu muncul karena beberapa kotoran yang menempel dari jilbab ke wajah kita, sehingga wajah kita mengalami penyumbatan karena banyak kotoran, dan alhasil timbullah jerawat.

Maka dari itu, mari kita bersihkan pakaian, jilbab, dan semuanya agar wajah kita selalu terlihat bersih dan terhindar dari penyakit kulit. Pakaian kotor juga bisa bikin gatal dan iritasi loh, makanya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Cucilah pakaian ketika seharian penuh telah dipakai, atau sudah kotor terkena keringat, atau terkena kotoran lain. Bersihkan tempat tidur dan perlengkapannya juga ya sista, karena bantal dan tempat tidur yang kotor akan menampung banyak kuman dan penyakit. Jadi, kalau kita tidur dengan beralaskan bantal kotor, kemungkinan jerawat dan gatal akan hinggap di wajah kita. Tak hanya itu, alergi dan gatal-gatal juga akan menempel dan menyerang seluruh badan kita jika kita malas membersihkan tempat tidur.

Ups, ada yang ketinggalan. Jangan lupa bersihkan badan juga ya, termasuk rambut dan sebagainya. Tahukah kalian ketika rambut kita kotor dan mengenai wajah kita, wajah kita akan cepat sekali terkena jerawat. Karena, ketika rambut tak pernah dibersihkan, otomatis akan mengandung banyak kotoran dan minyak, nah untuk yang berambut panjang dan berponi, usahakan keramas setiap dua hari sekali. Karena kalo lebih dari itu, kemungkinan rambut yang jatuh ke wajah kita akan senantiasa membawa kuman-kuman dan kotoran. Makanya, bersihkan wajah, bersihkan rambut, dan bersihkan badan. ^_^

Nah, kalo dalam bahasa Inggris, last but not least. Jaga wudhu kita. Walaupun kita sedang berhalangan, usahakan untuk tetap berwudhu sehabis bangun tidur, di siang hari, dan di malam hari sebelum tidur. Agar wajah kita tetap bercahaya dengan air wudhu yang sudah terkena doa , jangan lupa juga untuk selalu merawat wajah kita dengan produk kecantikan atau masker buah yang alami. Hemmm hati-hati juga ketika kita memakai produk kecantikan, jangan sampai dengan menggunakan produk tersebut kita mempunyai niat untuk memamerkan wajah kita yang berseri, usahakan untuk diniatkan dalam mensyukuri dan menjaga nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.

Jangan berlebihan dalam berdandan ya sista ^_^, karena sesuatu yang berlebihan itu juga tak bagus, usahakan tetap syar’i dalam menjaga dan merawat diri kita. Jangan sekali-kali suntik ini itu buat mengoplas wajah, karena sesungguhnya itu diharamkan ^_^. Jika ingin putih, pakailah air wudhu sebagai bedak alami. Jika bibir ingin terlihat merah merona, pakailah lipstik dzikir setiap hari yang akan membuat bibir kita senantiasa terjaga. Untuk membuat mata kita indah, pakailah maskara ghodul bashar (menundukkan pandangan) agar mata kita terlihat lebih jernih. ^_^ 

26 Desember 2013
-19:18-








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

I'm proud of my students ^_^

Are You Still on Fire?!?